Sabtu, 10 Desember 2011

Apa arti Good Corporate Governance, teori ekuitas, teori korporasi, teori keagenan & stewardship, apa hubungannya dengan audit investigasi ?

PROFPID
Good corporate governance adalah cara-cara manajemen perusahaan bertanggung jawab pada shareholder-nya. Para pengambil keputusan di perusahaan haruslah dapat dipertanggungjawabkan, dan keputusan tersebut mampu memberikan nilai tambah bagi shareholders lainnya. Karena itu  fokus utama di sini terkait dengan proses pengambilan keputusan dari perusahaan yang mengandung nilai-nilai transparency, responsibility, accountability, dan tentu saja fairness.
Teori Ekuitas adalah ekuitas merupakan bagian hak pemilik dalam perusahaan yaitu selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada, dan dengan demikian tidak merupakan ukuran nilai jual perusahaan tersebut.Definisi ekuitas di atas diturunkan dari persamaan dasar akuntansi sebagai berikut :
Assets = Liabilities = Owner’s equities


Teori Korporasi adalah
1.     Model hubungan perusahaan dan pemilik perusahaan
2.     Revolusi industri abad 19, perkembangan ilmu manajemen amat pesat
3.     Pemilik – manajer menjadi pemilik non manajer, manajer bukan pemilik
4.     Menyebabkan turunan teori kepemilikan

Teori Keagenan adalah
Sebuah kontrak antara manajer (agent) dengan pemilik (principal). Agar hubungan ini dapat berjalan dengan lancar, pemilik akan mendelegasikan otoritas pembuatan keputusan kepada manajer.

Teori Stewardship adalah
1.     Optimalisasi kinerja perusahaan diperoleh dari penyatuan Direksi dan Dewan Komisaris
2.     Seorang individu memegang jabatan CEO dan Chairman BOD, One tier biard system atau CEO duality, 80% perusahaan AS menggunakan hampiran tersebut.
Di Australia, hanya sedikit perusahaan besar menggunakan konsep CEO duality

Tidak ada komentar:

Posting Komentar